3/10/2013

10 APLIKASI DESAIGN 3D TERBAIK



  Mata merupakan bagian tubuh yang pertama kali berinteraksi dengan desain maka tidak salah ada ungkapan dari mata turun ke hati. Desain yang menarik mata akan memberikan kesan tersendiri bagi orang yang melihat. Perkembangan dunia desain dari hanya gambar biasa, naik menjadi dua dimensi (2D), kemudian berkembang menjadi tiga dimensi (3D) semuanya hanya untuk menarik mata yang melihat.
Pada artikel ini, akan dibahas sekilas 10 aplikasi 3D rendering terbaik yang dapat dijalankan di platform Linux, walaupun ada beberapa aplikasi yang dapat juga di jalankan di platform selain Linux. Semua aplikasi yang dibahas kali ini bebas untuk di download melalui situsnya masing-masing dan siap untuk digunakan. 


BLENDER

Blender merupakan aplikasi 3D dan animasi terbaik yang dimiliki oleh Linux. Pemakaiannya pun sekarang sudah meluas dan digunakan oleh banyak pecinta desain 3D khususnya aimasi. Pernah digunakan dalam proyek film besar seperti Avatar dan banyak proyek film animasi lainnya, misalnya Big Buck Bunny, dan yang terakhir, Sintel
Info: http://www.blender.org/






WINGS 3D

 Diperkenalkan pada tahun 2001 dan dikembangkan pertama kalo oleh Bjorn Gustavsson and Dan Gudmundsson, Wing 3D menawarkan beberapa kelebihan seperi dukungan cahaya,material, dan fasilitas AutoUV maping. Aplikasi ini dibuat dari bahasa pemrogamman Erlang yang bersifat open source, serta memiliki struktur data bernama Winged Edge Data Stuckture yang digunakan untuk menyimpan hubungan adjacency antara tepi, wajah, dan sebuah simpul didalam model Wing 3D.
Info: http://www.wings3d.com/


K-3D

Perangkat lunak 3D modelling dan animasi kali ini memiliki nama yang unik dan sederhana. Namun, dengan melihat nama aplikasinya saja, kita sudah pasti tahu bahwa ini adalah pengolah tiga dimensi. Aplikasi K-3D mengombinasikan banyak plugin dengan visualisasi arsitektur yang dihasilkan. Hal ini yang menjadikan K-3D menjadi salah satu aplikasi yang sangat powerfull untuk dunia desain 3D.
Info: http://www.k-3d.org


CRYSTAL SPACE

Crystal Space merupakan aplikasi penuh fitur sebagai SDK yang menghasilkan gambar 3D untuk digunakan pada game atau virtual reality. Berlisensi LGPL yang bersifat free, aplikasi ini dapat dijalankan pula pada platform Windows maupun Mac OS. Bersifat lebih modular, Crystal Space mudah dikonfigurasi, memiliki mesin rendering yang mendukung Open GL, dan dilengkapi beberapa fitur yang menarikseperti sistem shaders dan pencahayaan, fisik, suara 3D, perpaduan animasi, foliage, terrain, sistem file, dan lainnya.
Info: http://www.crystalspace3d.org


OGRE

Namanya sedikit mengingatkan kita pada sosok makhluk tinggi besar seperti rasaksa yang bermuka buruk. Tetapi, anda salah. Justru, aplikasi ini dapat membuat gambar tiga dimensi menjadi sangat indah. Mulai dari tahun 2011, OGRE telah tumbuh menjadi salah satu aplikasi rendering yang digunakan untuk berbagai macam proyek seperti game, simulator, perangkat lunak pendidikan, serta visualisasi penelitian.
Info: http://www.ogre3d.org/


AQSIS RENDERER

Aqsis merupakan perangkat lunak tiga dimensi yang sudah memiliki standar renderMan, dibawah bendera lisensi GPL, dan sebagian dibawah bendera LGPL. Dibuat pertama kali oleh Paul Gregory yang merupakan manajer proyek dan admin utama dari Aqsis. Semua proyek Aqsis merupakan rendering,shader compiler, dan mendukung beberapa komponen lainnya.
Info: http://www.aqsis.org/


MESHLAB

Meshlab merupakan aplikasi pengolah gambar 3D bersifat open source, portable, dan memiliki sistem extensible untuk pengolahan dan pengeditan 3D. tujuan dari sistem ini adalah membantu pengolahan model terstruktur yang timbul dalam scaning 3D, kemudian menyediakan satu set alat untuk melakukan pengeditan, pembersihan, penyembuhan, pemeriksaan, serta rendering dan konversi.
Info: http://meshlab.sourceforge.net/




OPEN FX

Lahir pada tahun 1999, diciptakan oleh DR> Stuart Ferguson, Open FX memang dilahirkan untuk menjadi aplikasi 3D modelling, animasi, dan rendering yang termasuk dalam kategori open source. Nama pertama dari aplikasi ini adalah SoftFX dan kemudian diganti menjadi OpenFX. Aplikasi ini sekarang menggunakan lisensi GNU Public License (GPL).
Info: http://www.openfx.org/


CELESTIA

Aplikasi ini hampir mirip dengan Atellarium, program astronomi 3D yang diciptakan oleh Chris Laurel. Program ini dibuat berdasarkan Hipparcos Catalogue yang memungkinkan kita merasa seperti sedang menjelajah jagat raya yang dibuat semirip mungkin aslinya dengan berbagai pilihan kecepatan, arah manapun yang akan dituju, dan waktu manapun dalam sejarah Celestia.
Info: http://www.shatters.net/celestia/


ART OF ILLUSION

Sebagai salah satu program 3D modelling yang bersifat free atau open source, semua bagian dari aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrogaman Java dan dapat dijalankan pada java virtual machine yang mendukung J2SE 1.4 atau versi diatasnya. Tujuan dari aplikasi ini adalah menghasilkan alat modelling 3D yang andal dengan menggunakan antarmuka grafis yang banyak ditemukan pada aplikasi modelling 3D lainnya/
Info: http://www.artofillusion.org/

No comments:

Post a Comment